Gerindra Yakin Kepercayaan Investor Justru Meningkat Pasca Aksi Damai 212

Posted on

heri-gunawan

Goendonesia.com – Komisi XI DPR senang Aksi 212 dapat berjalan aman, tertib, dan damai. Dengan aksi yang seperti itu, Komisi XI yakin kondisi ekonomi nasional tidak akan terganggu. Kondisi ekonomi justru akan membaik, karena aksi itu telah menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia negara yang aman.

Anggota Komisi XI DPR Heri Gunawan menjelaskan, salah satu aspek yang penting bagi ekonomi adalah kepercayaan investor. Investor akan lari jika negara tidak aman. Makanya, saat menyaksikan aksi yang begitu damai, politisi Gerindra ini yakin tidak akan ada investor yang kabur. Justru akan banyak investor datang ke Indonesia.

“Saya rasa, karena masyarakat juga cerdas dan perpolitikan stabil, ekonomi kita tidak akan terganggu. Perekonomian justru bisa lebih baik,” ucap Heri saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (2/12).

Kondisi ini terbukti pasca Aksi 411 lalu. Pasca aksi itu, indeks harga saham gabungan (IHSG) naik 33 poin di level 5.362. Awalnya IHSG memang sempat turun 21 poin atau 0,41 persen ke level 5.307 dengan dana investasi asing yang keluar dari pasar saham Indonesia sebesar Rp 200 miliar. Namun, setelahnya, langsung menguat kembali. Demikian juga dengan nilai tukar rupiah yang ditutup menguat 7 persen atau 0,05 poin ke level Rp 13.068 реr dolar AS.

Pasca Aksi 212 kemarin, kondisi pasar modal juga cukup baik. Dalam penutupan pedagangan Jumat kemarin, IHSD naik 9,2 poin atau 0,2 persen ke level 5.207,9. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS juga stabil. Dalam menutupan itu, rupiah anteng di angka Rp 13.500 реr dolar AS. Ini berarti bahwa pasar merespons positif atas aksi demonstasi yang berlangsung tertib, aman, dan damai,” katanya.

Tidak hanya itu, kata Heri, Aksi 212 juga berdampak pada perbaikan ekonomi rakyat. Misalnya, para pedagang kaki lima, angkringan, dan pedagang asongan mendapat berkah dari aksi itu. Barang-barang yang mereka jajakan terjual habis.

Baca Juga: Ahmad Dhani Dan Kivlan Zein Dipulangkan Dinihari Tadi

Banyak dari mereka mengaku penjualannya meningkat karena demo. Katanya, justru banyak yang beli. Ini positif. Tapi, harus dicatat, itu terjadi kalau demonya tertib dan damai,” cetusnya.

Meski begitu, dia tetap mengimbau agar pemerintah tetap waspada terhadap permainan para spekulan yang mau memetik keuntungan. Meski kondisi dalam negeri baik, ekonomi dunia masih bergejolak. Terlebih, Trump Effect masih terasa. Belum lagi dampak keluarnya Inggris dari Uni Eropa beberapa waktu lalu. Jika hal tersebut dimainkan para spekulan di pasar modal, akan mendistorsi nilai rupiah dan IHSG.

Ya, tetap harus mewaspadai itu. Jangan terlena dengan kedewasaan masyarakat di Indonesia dalam berdemokrasi. Sebab, kita juga dipengaruhi kondisi dunia,” jelasnya. [rmol]

Incoming search terms:

komentar sri bintang jokowi pura2 islam,reporter metro tv bugil di aksi 212,keterangan 5W 1H aksi bela rakyat 121,orang di belakang aksi demo 121,wartawan metro tv diusir di aksi damai 211,

Loading...