Soal Insiden Pengibaran Bendera Tiongkok, Akademisi: Gubernur Harus Diperiksa Dulu

Posted on

gubernur

Goendonesia.com – Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba tengah mendapat sorotan menyusul insiden pengibaran bendera Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

Gubernur disebut-sebut ikut terlibat karena memberi izin soal pengibaran bendera Tiongkok tersebut. Sikap gubernur ini mendapat sorotan dari akademisi Univeristas Khairun Ternate, Abdul Kadir Bubu.

Dilansir dari Malut Post (Jawa Pos Group), dosen Fakultas Hukum Unkhair itu menegaskan, harus turut bertanggung jawab atas dugaan pemberian izin pengibaran bendera RRC saat peresmian Smelter di PT Wanatiara Persada di Obi itu.

Menurutnya, gubernur mestinya memberikan pernyataan langsung kepada publik terkait dugaan dirinya yang ikut terlibat dalam izin tersebut.

“Ini sudah menjadi isu nasional. Olehnya gubernur harus bertanggung jawab dan siap diperiksa oleh pihak kepolisian, apa alasan Gubernur memberi izin,” kata Dade, sapaan akrabnya.

Dade menyatakan pihak kepolisian juga mesti memeriksa Gubernur terkait insiden pemberian izin. Pasalnya, berdasarkan informasi yang disampaikan Danrem 153 Babullah Kolonel (Inf) Sachono tersebut Gubernur juga memberikan izin pengibaran bendera RRC.

Bagi Dade, argumen yang disampaikan Danrem 152 Babullah tersebut merupakan petunjuk yang harus diselidiki pihak kepolisian dalam mengungkap kasus tersebut.

Baca Juga: Ahok Mulai Pucat Dengan Kasus Penistaan Agama

“Seorang Danrem tak mungkin bicara tanpa ada bukti. Danrem bicara pasti ada bukti akurat, apalagi terkait Gubernur. Karena itu, ini petunjuk paling kuat bagi polisi untuk panggil Gubernur untuk diperiksa,” ujarnya.

Ditegaskan, jika benar gubernur mengizinkan, dipastikan tidak terlepas dari pertimbangan oknum pejabat yang disampaikan ke Gubernur.

“Andaikan ini benar maka Gubernur juga harus mencopot bawahan-bawahan yang memberikan pertimbangam ke dia. Tapi selaku kepala daerah, tanggung jawab hukum dan politik ada di Gubernur,” katanya. [repelita]

Incoming search terms:

vidio gub katingan,cagub lampung 2018,meme agus tolak debat,power point pilkada gubernur dki jakarta,bokep gub katingan,gambar seksi silviyana murni calon gebernur,pakain gubernur,vidio gubernur katingan,kasus silvia calon dki 1,http://www goendonesia com/Info-sorot-gk html,

Loading...