Sudah Seperti 1965-an, Massa Dibalas Massa

Posted on

demo

Goendonesia.com – Aksi 412 yang digelar hari ini oleh barisan parpol pendukung pemerintah mendapatkan pe­nolakan dari banyak kalangan. Dianggap sebagai aksi tandingan 212, aksi yang mengusung tema ‘Kita Indonesia’ didesak untuk dibatalkan.

Dalam aksi yang bertepatan dengan momentum car free day di kawasan Thamrin Jakarta, aksi 412 juga akan memobilisasi massa. Targetnya aksi yang akan menampilkan parade ke­budayaan ini akan diikuti oleh sekitar 500 ribu orang.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono me­minta Kepolisian membatalkan rencana aksi 412 tersebut. Ferry meminta Kepolisian menolak izin penyelenggaraan aksi yang akan dilangsungkan 4 Desember.

“Karena acara tersebut dikhawatirkan ada upaya untuk mem­benturkan massa dengan massa,” ujar Ferry usai diskusi di ka­wasan Cikini.

Ferry yang juga mantan ak­tivis ini menilai, aksi 412 tidak relevan lagi untuk dilanjutkan. Meskipun aksi yang diprakar­sai oleh koalisi parpol pendu­kung pemerintah itu mengusung tema tentang kebhinnekaan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurutnya, aksi-aksi yang mengusung tema kebhinnekaan dan NKRI juga sudah dilak­sanakan oleh gabungan ormas Islam dalam aksi Bela Islam I, II, III kemarin. Apalagi, aksi Bela Islam yang diisi kegiatan doa bersama dan Salat Jumat kemarin juga dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakilnya Jusuf Kalla, serta se­jumlah Menteri Kabinet Kerja.

“Berarti ya sudah tidak perlu lagi ada pengerahan massa, apal­agi ini dikoordinir oleh partai-partai pendukung yang pasan­gan nomor 2 Basuki Tjahaja Purnama, jadi lebih baik itu dibatalkan saja. Diberi masukan oleh Kepolisian kepada pihak panitia, karena (aksi 412) jadi lucu-lucuan lah gitu,” jelasnya.

Kritik juga datang dari aktivis Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie Massardi. Menurutnya, aksi 412 ini sama saja menun­jukan aksi demo massa dilawan dengan demo tandingan, dan ini mengingatkan peristiwa-peristiwa sebelum 1965. Model tandingan massa itu bahaya, karena akan membuat mereka berbenturan.

“Jangan lagi ada tandingan massa seperti pada sebelum 1965, massa dibalas massa. Kalau itu terjadi, nanti politik sangat sangar,” kata Adhie.

Apalagi, lanjut Adhie, aksi tersebut ikut menggerakkan pegawai pemerintahan seperti mengajak keluarga-keluarga pe­gawai di kementerian, BUMN, perusahaan swasta, partai pen­dukung, meski dikemas dalam bentuk parade kebudayaan.

Menurut Adhie, tandingan massa seperti ini tidak sehat untuk demokrasi. Selain ter­jadi gambaran massa dibalas pengerahan massa, juga akan memunculkan permasalahan berikutnya.

“Jadi, massa pada gilirannya akan berbenturan langsung, dan ini akan menjadi masalah besar nantinya,” tegas mantan jubir Presiden Gus Dur itu.

Namun, Ketua Panitia Parade Kebudayaan (412) Viktor Laiskodat membantah bila ada yang mengatakan kegiatan ini meru­pakan aksi tandingan 212. Ia menegaskan, aksi parade kebu­dayaan hari ini bukan demo tapi pagelaran kebudayan sekaligus refleksi akhir tahun.

Baca Juga: Sayap Gerindra Resmi Capreskan Kembali Prabowo

Ia meminta kepada semua pihak tidak membanding-band­ingkan dan ditanding-tanding­kan antara aksi 212 pada Jumat (2/12) dan aksi 412. “Memang nggak ada tanding-tandingan, emang urusan apa perlu kita tand­ing-tandingkan. Beda dong, besok itu refleksi akhir tahun dan pesta budaya, sedangkan di Monas itu aksi ibadah,” tegasnya.

Ia menegaskan, kegiatan pa­rade kebudayaan lebih kepada pesta rakyat dan refleksi akhir tahun dari seluruh komponen bangsa, baik artis atau pun to­koh. “Jadi tidak ada kampanye atau pun demo,” ujarnya.

Karena memang di kawasan Car Free Day tidak boleh diguna­kan untuk kampanye. Kalau ada selebaran Parade Kebudayaan yang menyatut tulisan dukun­gan terhadap pasangan calon Gubernur DKI tertentu, Viktor menegaskan itu bukan dari panitia. Itu dari orang yang me­mang bertujuan tidak benar atas kegiatan parade Kebudayaan besok. [rmol]

Incoming search terms:

menghitung massa aksi 212,kebohongan http injector,jumlah masa aksi damai 212 berdasarkan google earth,jumlah aksi damai menurut google earth,jumlah aksi 212 menurut google eart,foto anak sd telanjang pamer kontol,demo tandingan 412,Cara Menghitung Massa Aksi,bugilmassa,berapa banyak massa demo 412,

Loading...