Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro: Peran Dollar Bisa Tergeser karena Nilai Perdagangan Dengan China Besar

Posted on

Goendonesia.com – Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan seruan Presiden Joko Widodo untuk mengganti acuan ukuran mata uang dari dolar AS, dengan mata uang negara maju lainnya, bisa dimungkinkan melalui sektor perdagangan.

“Sebagian mungkin bisa menggunakan (acuan selain dolar AS), tapi sekali lagi itu tergantung apakah transaksinya dimungkinkan atau tidak,” kata Bambang saat ditemui di Jakarta, Rabu (7/12).

Bambang menjelaskan ajakan Presiden itu diserukan karena selama ini nilai perdagangan Indonesia yang terbesar adalah dengan Tiongkok, bukan dengan Amerika Serikat, meski negara adidaya itu merupakan salah satu negara dengan tingkat ekonomi terbesar di dunia.

Baca Juga: EWI Ucapkan Selamat Kepada PERTAMINA Atas Prestasi The Best Marketing 2016

Untuk itu, penggunaan mata uang lain selain dolar AS dalam sektor perdagangan lebih memungkinkan, meski hal itu tidak mudah dilakukan mengingat dibutuhkan komitmen bersama dengan mitra dagang terkait.

“Sekarang kita banyak melakukan perdagangan dengan negara yang tidak bergantung pada dolar AS. Tapi untuk mengurangi ketergantungan (terhadap dolar AS), yang paling kita bisa adalah mengurangi impor,” kata Bambang. [repelita]

Incoming search terms:

Biografi bambang pamungkas basa sunda,http://www goendonesia com/Info-biografi-bambang-pamungkas-pake-bahasa-sunda html,http://www goendonesia com/Info-biografi-bambang-pamungkas-versi-sunda html,kotol terbesar di papua,

Loading...