Presiden Jokowi Fokus Terhadap Kerjasama Energi Indonesia-Iran

Posted on

Goendonesia.com – Presiden Joko Widodo kini tengah melakukan kunjungan kenegaraan ke Iran setelah melakukan kunjungan ke India beberapa hari lalu.

Dalam kunjungannya kali ini, Presiden akan memperkuat berbagai agenda kerjasama ekonomi antara Indonesia dan Iran, dengan fokus kerjasama energi Indonesia-Iran.

Di bidang energi, Presiden Jokowi akan berupaya meningkatkan kerja sama di bidang minyak dan gas dengan pemerintah Iran, termasuk kerja sama pengelolaan ladang minyak di Iran dan investasi kilang minyak di Indonesia.

Iran merupakan salah satu negara yang memiliki cadangan energi yang tinggi.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, kemarin, di Teheran mengatakan bahwa pertemuan dengan agenda kerjasama di bidang energi telah didahului oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan pada hari ini, sebelum pertemuan lanjutan yang akan secara khusus membahas nota kesepakatan kerjasamanya.

Pertemuan lanjutan pada tingkat Menteri yang akan membahas kerja sama bisnis akan digelar pada tanggal 15 Desember esok hari.

“Iran memiliki potensi kerja sama yang sangat besar terutama di energi dan migas. Hari ini pak Jonan tiba terlebih dahulu dan sudah melakukan pertemuan untuk bahas kerja sama, besok setelah pertemuan akan disampaikan hasil konkretnya,” ujar Menlu melalui keterangan pers tertulis yang diterima Jitunews.com dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu, 14 Desember 2016.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, pembicaraan yang akan dilakukan yaitu kerja sama antara Pertamina dengan NIOC (National Iranian Oil Company) juga antara PLN dengan Mapna Group (Iran Power Plant Projects Management Company).

“Akan dibicarakan, ada Dirut Pertamina juga di sini dan juga kerja sama teknis terutama di bidang gas turbin antara Mapna dan PLN,” kata Jonan.

Baca Juga: Peringatan Keras Investor China kepada Donald Trump

Pertamina dalam beberapa waktu terakhir telah menjajaki kemungkinan kerja sama pengelolaan minyak dan gas dengan Iran. Rencana kerja sama termasuk untuk pasokan gas elpiji, minyak bumi dan pengembangan investasi di sektor hulu migas.

Dalam kunjungan Presiden Jokowi ke Iran, sejumlah menteri yang turut mendampingi Presiden antara lain; Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, Kepala BKPM Thomas Lembong, Ketua Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D. Hadad, dan Duta Besar Indonesia untuk Iran Octavino Alimudin.

Selain agenda pertemuan kenegaraan dengan pemimpin Iran, Presiden juga telah menjadwalkan pertemuan dan santap malam bersama dengan sejumlah masyarakat Indonesia di Iran yang akan dilangsungkan malam nanti di Hotel Espinas Palace, Teheran. [jitunews]

Incoming search terms:

wanita ir,cara memperbaiki lampu hemat energi mati total,http://googleweblight com/?lite_url=http://www goendonesia com/Info-Foto%20wanita%20iran%20tanpa%20busana html&ei=QbRU9P6Z&lc=id-ID&s=1&m=717&host=www google co id&ts=1484926028&sig=AF9NedkPh1nVJDO6zu97D641k_sjU2WCsA,indonesia kesulitan bayar utang ke tiongkok atau cina,photo wanita korban pembunuhan tanpabusana nosensor,presiden jokowi ke iran,

Loading...