Tinggalkan India, Jokowi Lanjutkan Kunjungan Kerja ke Iran

Posted on

Goendonesia.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninggalkan Nеw Delhi, India, pada Selasa (13/12) pukul 14.15 waktu setempat untuk melanjutkan kunjungan kenegaraannya di Iran.

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan meninggalkan Nеw Delhi melalui Palam Airport Nеw Delhi.

Kepala Negara merampungkan seluruh agenda acara dalam rangkaian kunjungan kenegaraannya ke India.

Selanjutnya, Presiden dan rombongan akan memulai kunjungan kenegaraan ke Tehran, Iran.

Sebagaimana kunjungan kerjanya di India, Presiden Jokowi juga akan menjajaki potensi kerja sama dan penguatan hubungan bilateral dengan Iran.

Iran merupakan salah satu negara yang memiliki cadangan energi yang cukup tinggi.

Diversifikasi mitra kerja sama energi sangat penting untuk mendukung ketahanan energi nasional.

Baca Juga: 2017, Tambah Lima Jalur Tol Laut

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi sebelumnya mengatakan kunjungan kenegaraan Presiden RI ke Iran akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kerja sama di bidang minyak dan gas, termasuk kerja sama pengelolaan ladang minyak di Iran dan investasi kilang minyak di Indonesia.

“Kerja sama ekonomi dengan Iran menjadi lebih terbuka dengan telah disepakatinya Joint Comprehensive Plan оf Action (JCPOA),” kata Retno.

Selain fokus kepada kerja sama ekonomi, kunjungan kenegaraan juga akan digunakan untuk memperkuat kerja sama dalam konteks IORA, mengingat India dan Iran merupakan dua negara anggota IORA.

Indonesia saat ini memegang keketuaan IORA sejak 2015 hingga nantinya berakhir pada 2017. [aktual]

Loading...