Habiburokhman: “Enggak Ditahan Kok Nangis?”

Posted on

Goendonesia.com – Pembina Advocat Cinta Tanah Air (ACTA), Habiburokhman, menyebut aneh tangisan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat membacakan eksepsi dalam sidang perdana kasus penistaan agama di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, kemarin.

“Kita enggak tahu apa niat Ahok nangis waktu sidang. Biasanya terdakwa yang ditahanlah yang nangis, ini Ahok enggak ditahan kok nangis juga,” ujarnya kepada Rimanews, hari ini.

Dalam persidangan yang berlangsung sekitar tiga jam itu, Ahok meneteskan air mata saat membacakan nota keberatan usai jaksa penuntut umum menyampaikan dakwaan. Suara Ahok juga bergetar, ketika mengaku sedih dituduh menistakan agama Islam.

Ahok sesenggukan ketika menceritakan kisahnya merawat ibu angkatnya dari mulai sakit hingga menggotong jenazahnya ke pembaringan terakhir. Dia menyatakan akan menjadi anak yang tidak berterima kasih pada orangtua angkatnya yang memeluk agama Islam bila melakukan penistaan agama seperti yang dituduhkan.

Baca Juga: Aneh! Polda Metro Sebut Buni Yani Biang Konflik di Masyarakat

Menurut Habiburokhman, keanehan proses persidangan juga terjadi pada pembacaan eksepsi kemarin. Sebab, eksepsi Ahok berisi curahatan hati, bahkan program-programnya sebagai Gubernur ibu kota ikut dipaparkan dalam nota keberatan Ahok.

Habiburrokhman karena itu menyebut akan sangat janggal jika majelis hakim mengabulkan eksepsi mantan Belitung Timur itu.

“Seharusnya eksepsi hanya membahas soal kompetensi pengadilan, soal kejelasan identitas pelapor dan soal kejelasan rumusan dakwaan,” ungkap politisi Partai Gerindra itu. [rnc]

Loading...